Senin, 23 April 2018

Make Up Masih Melekat Dimuka Saat Ingin Tidur ? Jangan Lakukan



Sengaja atau tidak, sebaiknya segera tinggalkan kebiasaan buruk ini. Hal ini akan berdampak parah pada kulit wajah Anda. Apa saja bahayanya? Baca terus artikel kami sampe tuntas oke!

Menutup Pori - Pori Kulit Wajah
Makeup yang masih menempel akan lengket bercampur dengan debu dan polusi dari luar, keringat, hingga minyak di wajah sehingga menyumbat pori-pori saat sedang tidur. Padahal saat kita terlelap semua organ tubuh kita sedang relaksasi dari aktifitas kita sehari - hari loh.

Menurut Dr. Samer Jaber, MD dari Washington Square Dermatology di New York, tidur dengan makeup masih menempel di wajah sama hal nya dengan membuat  ladang untuk pertumbuhan komedo dan jerawat.

Tidur dengan wajah masih beralas makeup juga rentan membuat kulit kering dan iritasi. Sebagai contoh, kebiasaan meninggalkan maskara selama tidur akan menyumbat folikel bulu mata dan memicu iritasi. Partikel maskara dan eyeliner yang rontok masuk ke mata selama tidur juga akan rentan memicu iritasi mata merah. Itu sebabnya Anda tidak boleh menyepelekan pentingnya membersihkan makeup sebelum tidur.

Sebaiknya Lakukanlah Hal Berikut Ini

  • Cuci muka dengan sabun wajah Anda seperti biasanya. Cuci wajah dengan gerakan tangan memutar hingga Anda merasa makeup telah terbilas semua. Anda juga dapat menggunakan spons untuk wajah ataupun kapas untuk mengelap sisa pembersih dari wajah.

  • Setelahnya, keringkan dan coba usap dengan kapas bersih. Jika masih ada sisa-sisa yang terlihat di kapas, tandanya belum bersih. Anda bisa menggunakan pembersih wajah yang sesuai dengan kebutuhan, misalnya toner pembersih, micellar water, cleansing balm, milk cleanser, atau cleansing oil.

  • Gunakan pembersih makeup khusus untuk setiap riasan tertentu. Misalnya pembersih makeup mata dan lipstik (dua area yang biasanya bandel untuk dibersihkan), dan pembersih makeup biasa untuk bagian wajah lainnya.

  • Bilas wajah dengan air dingin. Mencuci wajah dengan air dingin dapat menutup pori-pori yang terbuka dan meningkatkan sirkulasi. Jangan pelit-pelit saat membilas wajah. Benar-benar pastikan sisa residu makeup dan sabun tersapu bersih. Jika ragu, bilas wajah sekali lagi dengan tangkupan kedua tangan Anda.

  • Keringkan wajah dengan cara menepuk-nepuk wajah ringan menggunakan handuk, atau mengusapnya halus. Jangan menggosoknya!!

  • Setelah cuci muka, lanjutkan dengan rejime skincare malam Anda seperti biasa. Jangan lupa untuk mengoleskan pelembap.
Tips
Bila Anda cukup malas beranjak dari tempat tidur hanya untuk cuci muka, selalu siap sedia tisu basah khusus untuk menghapus makeup atau sediakan kapas dan pembersih wajah di samping tempat tidur Anda. Mudah bukan ?

Terimakasih telah membaca artikel ini, demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar