Rabu, 23 Mei 2018

Tips Mudah Agar Tetap Langsing Selama Masa Menyusui

Menjaga kondisi tubuh agar tetap langsung sehat dan bugar selama masa menyusui adalah suatu hal yang agak sulit untuk dilakukan, sulit artinya bukan berarti tidak bisa. Perlu diketahui bahwa selama menyusui, dan agar tubuh ibu bisa langsing kembali seperti semula, diperlukan usaha yang extra keras dalam melakukan diet dan olahraga. Disamping itu juga yang perlu diperhatikan adalah pola makan dan gizi dari ibu menyusui harus tetap terpenuhi kebutuhan nutrisinya, karena hal ini akan dapat mempengaruhi tumbuh kembang si Kecil.



Dikutip dari berbagai sumber yang terpercaya, berikut ini ada beberapa tips untuk mengatur pola hidup sehat selama menyusui agar tubuh senantiasa sehat dan tetap langsung antara lain yaitu:

1. Rubah Menu Makanan Anda
Jangan makanan makanan yang melalui proses penggorengan dan usahakan dalam satu kali makan, pada menu Anda terdapat sayuran, protein hewani dan nabati, karbohidrat, serta buah-buahan yang banyak mengandung air. Sertakan juga zat besi, karbohidrat kompleks, kalsium serta protein pada setiap menu makanan Anda.

2. Kudapan Sehat
Ibu menyusui disarankan banyak ngemil tapi tentunya camilan yang sehat serta hidari camilan yang mengandung tepung dan digoreng. Pilih camilan sehat seperti buah-buahan atau kacang-kacangan sebagai camilan sehari-hari seperti kacang almon dan kacang mete.

3. Atur waktu makan
Mengatur waktu makan dengan cara makan camilan sedikit akan tetapi dilakuan dalam waktu yang berdekatan, bisa juga dikombinasikan dengan mengonsumsi camilan sehat di pukul sepuluh pagi setelah sarapan, kemudian dilanjutkan makan camilan sehat di pukul tiga sore dan setelah makan malam. Saat tengah malam ibu harus menyusui, untuk menambah nutrisi, Anda dapat kembali mengonsumsi camilan sehat tersebut.

4. Banyak minum
Wajib minum delapan gelas (1 liter) air dalam sehari. Karena minum air putih sangat baik untuk menetralisir tubuh serta mengurangi rasa lapar. Hindari konsumsi minuman yang mengandung kafein dan alcohol seperti wine, kopi dan teh. Juga hindari minuman yang menandung soda.

5. Kurangi Asupan Kalori
Kalori yang dibutuhkan tubuh tidak kurang dari 1800 per hari, tetap mengonsumsi makanan bergizi, sangat baik untuk menjaga kondisi tubuh Anda tetap aman. Hindari asupan makanan berlemak untuk mengurangi kadar kalori yang masuk ke tubuh.

6. Perbanyak asupan Omega-3
Konsumsilah makanan yang banyak mengandung zat omega-3 dalam jumlah besar seperti walnut, telur omega, sereal rendah gula, ikan salmon, basil, dan bayam. Dengan demikian, metabolisme tubuh tetap stabil dan terjaga serta akan meningkat daya tahan tubuh terhadap radikal bebas.

7. Rajinlah Berolahraga
Lakukan olahraga min 6 s/d 8 minggu setelah masa persalinan. Agar kondisi tubuh tetap bugar dan tentunya produksi ASI tetap lancar. Mengonsumsi karbohidrat sekitar ½ jam sebelum olahraga sangat dianjurkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar